KASIH SAYANG MANUSIA DENGAN PELIHARAANNYA SEPANJANG MASA

Standard

Manusia pada dasarnya merupakan mahluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Intinya, manusia tidak bisa hidup sendirian di dunia ini. Manusia memiliki ketergantungan yang amat sangat terhadap mahluk lain, baik terhadap manusia itu sendiri, hewan, bahkan tumbuhan.

Hal itu terbukti dengan adanya manusia yang memelihara hewan peliharaan maupun tumbuhan. Manusia yang mempunyai hewan peliharaan rata-rata memiliki perasaan yang dalam terhadap peliharaannya itu sendiri. Terkadang, apabila peliharaan mereka jatuh sakit atau tidak bersemangat, mereka akan merasa sangat panik, sedih, bahkan menangis.

Hal ini mereka lakukan karena adanya keterkaitan perasaan yang amat sangat yang terjadi akibat perasaan kasih sayang yang berlebih. Seperti halnya yang terjadi kepada salah satu teman saya yang sangat amat menyayangi peliharaannya yaitu kucing. Awalnya saya sempat heran, kenapa dia bisa sampai sebegitunya dengan kucing. Tapi lama-lama saya sadar hal itu terjadi karena rasa kasih sayang dia terhadap kucingnya.

Dia pernah sedih karena kucingnya sakit, pernah panik sekali karena kucingnya tiba-tiba saja mengandung, pernah menangis karena salah satu kucingnya hilang, dan bahkan pernah merasa amat sangat senang sekali jika bermain dengan kucingnya itu.

Ini merupakan suatu hubungan yang sangat luar biasa. Allah menciptakan mahluk hidup di dunia ini benar-benar tidak dapat hidup sendirian. Mereka saling ketergantungan tidak hanya terhadap manusia itu sendiri, bahkan terhadap hewan maupun tumbuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s