MASIH ADAKAH KEADILAN DI NEGARA INI?

Standard

Menurut Wikipedia, keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Sedangkan menurut pandanga saya pribadi, keadilan adalah kondisi dimana kebenaran secara moral yang tidak menguntungkan ataupun merugikan pihak manapun. Kedua belah pihak harus sama-sama merasakan hal yang setara, itu menurut saya pribadi.

Akhir-akhir ini banyak diberitakan mengenai seorang anak melaporkan ibu kandungnya ke meja hijau hanya dikarenakan berselisih faham mengenai tanah warisan dari sang Ayah. Secara logika, bagaimana tega seorang anak melaporkan ibu kandungnya sendiri kepada aparat kepolisian.

Sangat amat tidak adil jika si Ibu dihukum hanya karena menuntut haknya atas tanah yang ternyata diberikan oleh sang Ayah. Seandainya si anak dapat berfikir kembali bagaimana seorang Ibu dapat melahirkannya, membesarkannya, mengurusnya tanpa pamrih sekalipun. Sekarang, bisa-bisa Ia melaporkan Ibunya sendiri.

Negara ini memang negara hukum yang menjunjung keadilan setinggi-tingginya. Tapi apa itu yang dinamakan keadilan? Kadangkala ada seorang pencuri Ayam yang dihukum lebih berat dari para koruptor negara. Masih adakah keadilan di negara ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s